CCTV Analog HD – AHD , HD-TVI dan HD-CVI

Ketiga teknologi ini , AHD , HD-TVI dan HD-CVI adalah teknologi terbaru dalam dunia cctv. Ketiganya adalah penerus generasi CCTV analog tradisional yang berbasis CVBS ( Composite Video Baseband Signal ). Ketiganya memperbaiki kelemahan teknologi HD-SDI ( teknologi analog HD awal ) yang sangat pendek jarak transmisinya. Sistem CCTV AHD , CVI dan SDI dapat ditransmisikan menggunakan kabel coaxial biasa dan kabel UTP seperti layaknya sistem CCTV analog. Ketiganya membuat user lebih fleksibel dalam pemilihan kabel dan instalasi ketika akan melakukan upgrade dari sistem CCTV yang ada ke CCTV High Definition.

ahd hd tvi cvi 300x222 CCTV Analog HD   AHD , HD TVI dan HD CVI

 

Saat ini , baik sistem CCTV AHD , HD-TVI maupun HD-CVI kebanyakan tersedia dalam 3 resolusi yaitu, 720p , 960p , dan 1080p . 720p banyak dikenal dengan 1 Megapixel , 960p 1,3 Megapixel , dan 1080p 2 Megapixel. Harga kamera 1 Megapixel AHD saat ini hampir sama dengan harga kamera analog 1000 TVL.

Berikut adalah kepanjangan dari ketiga sistem tersebut beserta perusahaan nya memproduksinya :

AHD (Analog High Definition) milik perusahaan Nextchip , dari Korea Selatan.
HD-CVI (High Definition Composite Video Interface) milik perusahaan Dahua , dari Republik Rakyat China
HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) milik perusahaan Techpoint , dari Amerika Serikat.

Ketiga sistem ini tidak dapat saling berintegrasi. DVR AHD tidak bisa merekam kamera CVI atau TVI , demikian pula sebaliknya.

Teknologi AHD ditemukan dan dikembangkan oleh Next Chip , perusahaan ini tidak memproduksi produk jadi CCTV siap pakai , namun hanya menjadi produsen chip dan software untuk pabrikan CCTV dan DVR , hal ini berlaku pula untuk TVI. Sedangkan teknologi CVI adalah milik Dahua , Dahua adalah pabrikan kamera CCTV dan DVR terbesar di China , Dahua memproduksi produk jadi kamera dan DVR CVI dan juga chip CVI untuk pabrikan lain.

Kelebihan AHD HD-TVI dan HD-CVI

1. Harga : Perangkat CCTV AHD , HD-TVI , dan HD-TVI , baik kamera dan DVRnya sangat murah dan terjangkau. Harganya hampir sama dengan sistem CCTV analog.
2. Pengkabelan : Ketiga sistem HD CCTV tersebut dapat ditransmisikan dengan kabel coaxial RG-59 , RG-6 , dan kabel UTP.
3. Dapat ditarik kabel hingga 300 meter.
4. Beberapa DVR support sistem Hybrid , sehingga 1 DVR dapat digunakan untuk merekam kamera analog dengan kamera HD bersamaan.

Kekurangan AHD TVI dan CVI

1. Sensitif terhadap interferensi , pengkabelan harus memperhatikan medan listrik dan medan magnet.
2. Jika ditarik agak jauh , kualitas gambar dapat berkurang.
3. Kualitas gambar AHD TVI dan CVI masih dibawah IP Camera.