Lensa Kamera CCTV Varifocal dan Fixed

Mempelajari lensa kamera CCTV adalah gampang-gampang susah. Sulit untuk mengidentifikasi perbedaan antara kamera ketika dibombardir dengan daftar puluhan pertanyaan yang sama. Harga adalah yang paling sering ditanyakan bagi pengguna rata-rata dan mungkin tidak selalu jelas mengapa ada perbedaan harga yang besar antara dua kamera yang sama. Merek dan negara asal produk memainkan peran besar dalam harga per unit, tetapi spesifikasi kamera yang sangat penting. Sebagian besar perusahaan merilis daftar produk dan spesifikasi menggunakan kosa kata dan istilah industri yang tidak umum untuk sebagian besar konsumen yang masih awam. Hari ini, saya ingin menulis tentang perbedaan antara lensa varifocal dan lensa fixed ( monofocal .

lensa cctv fixed varifocal Lensa Kamera CCTV Varifocal dan Fixed

lensa CCTV fixed (kanan) dan lensa varifocal (kiri)

Panjang Focal

Pada dasarnya setiap kamera membutuhkan lensa. Jarak fokus lensa, yang menentukan bidang pandang dan zoom, diukur dengan milimeter. Semakin kecil jumlah mm, lebih luas sudut pandang. Melintang, semakin besar mm yang sempit bidang pandang, dan gambar akan diperbesar menjadi area yang lebih kecil, seperti melihat melalui teropong. Untuk kamera CCTV box, lensa dijual secara terpisah. Untuk semua kamera CCTV dome atau board camera, lensa dibangun ke kamera dan merupakan bagian dari lembar spesifikasi untuk kamera. Lensa monofocal juga akan disebut lensa tetap ( fixed lens ).
Lensa varifocal memiliki beberapa panjang fokus. Secara reguler, itu berarti bahwa lensa dapat memperbesar dan memperkecil sudut pandang. Lensa monofocal untuk kamera box tersedia dalam berbagai panjang fokus, tetapi untuk kamera dengan lensa built-in, sebagian besar baik memiliki lensa sudut lebar dan fixed. Jika Anda menginginkan sebuah kamera dome dengan lensa 11mm Anda mungkin akan harus membeli kamera dome dengan lensa varifocal untuk mendapatkannya.
Pada prakteknya, jika Anda membeli kamera dengan lensa 3mm dan memasangnya, Anda terjebak dengan bidang pandang. Itu tidak selalu hal yang buruk. Untuk ruangan kecil atau daerah di mana sudut lebar diperlukan, kamera 3mm tetap akan baik-baik saja. Jika Anda memasangnya dan menyadari bahwa Anda ingin gambar yang lebih jauh (melihat jarak jauh) atau ingin memperbesar suatu daerah, maka Anda membutukan lensa varifocal.

Fleksibilitas untuk menyesuaikan sudut/bidang pandang

Dengan lensa kamera CCTV varifocal, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas. Untuk lensa varifocal, akan ada dua penyesuaian. Satu untuk tampilan/bidang pandang dan satu untuk fokus. Panjang fokus dan fokus harus diatur secara manual dengan tangan di kamera.
Jika Anda mendapatkan kamera dengan lensa 2,8 sampai 12mm , Anda dapat menyesuaikan dengan panjang fokus ke nomor antara 2,8 sampai 12. Itu berarti bahwa Anda tidak perlu memiliki pengukuran yang tepat dari lensa yang dibutuhkan. Setelah kamera dipasang dan Anda sadar bahwa Anda ingin lensa 7mm, semua yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan untuk 7mm. Ini adalah sama untuk setiap panjang antara 2,8 sampai 12mm. Jadi, jika Anda membutuhkan 8 kamera, satu dengan 7mm, satu dengan 10mm, satu lagi dengan 3mm, dsb, dengan 8 kamera varifocal Anda dapat menyesuaikan mereka untuk panjang fokus yang tepat saat instalasi.
Kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk menyesuaikan lensa untuk aplikasi yang berbeda. Misalnya bayangkan seorang user kamera CCTV membeli beberapa kamera dengan 2,8 sampai 12mm lensa. Ketika ia menginstalnya awalnya ia menetapkan untuk 2.8mm yang memberinya sudut lebar. Lalu ia memiliki masalah dengan pencurian. Dia kemudian menyesuaikan kamera sampai ke 12mm untuk memperbesar/zoom, maka dia harus membeli lensa baru semisal 12mm untuk memenuhi kebutuhannya, dengan lensa kamera CCTV varifocal, dia hanya tinggal mengaturnya saja.

Baca Juga :

http://cctvjogja.com/memilih-lensa-kamera-cctv/