Memilih Lensa Kamera CCTV

Berikut adalah artikel sebagai panduan untuk mengenal dan memilih lensa kamera CCTV. Ada banyak dari mereka, jauh lebih banyak daripada yang dijelaskan di bawah, tapi hal ini sangat penting karena lensa adalah suatu bagian penting dari video surveillance. Menempelajari karakteristik lensa CCTV dan memilih dengan tepat dapat menghemat waktu, uang, dan akan menghasilkan apa yang Anda inginkan.

memilih lensa cctv Memilih Lensa Kamera CCTV

aneka macam lensa cctv

Panjang fokus / Focal Length (mm)

Panjang fokus (diukur dalam milimeter/mm) lensa menentukan seberapa jauh kamera dapat melihat. Panjang fokus yang paling umum pada kamera keamanan adalah 3.6mm, yang dapat melihat kira-kira 72 derajat bidang pandang atau FOV/Field of View (FOV sendiri akan dijelaskan di bawah). Aturan penting untuk lensa kamera CCTV adalah bahwa semakin besar panjang fokus, semakin jauh ia bisa fokus. Semakin kecil panjang fokus, lebih luas bidang pandang.

Field of View (FOV)

Field of View adalah wilayah, lebar bidang pandang, yang memungkinkan Anda untuk melihat. Jika Anda mendengar istilah “wide angle” maka akan memiliki lensa yang lebih kecil, seperti 2.8mm. Ini berarti hasil gambar / bidang pandang akan lebih luas. Dengan lebih kecil panjang fokus, akan lebih sulit untuk melihat. Jika Anda menangkap video di ruang berukuran normal, mungkin 6x6meter, maka lensa wide angle akan bekerja dengan baik. Jika Anda perlu untuk menangkap wajah seseorang, maka Anda akan ingin mempertimbangkan sesuatu dengan panjang fokus yang lebih besar, seperti 16mm misalnya.

Monofocal vs Varifocal

Lensa monofocal atau fixed lens hanya bisa fokus pada jarak tertentu. Mereka akan memiliki satu focal length, seperti 16mm atau 3.6mm. Mereka umumnya lebih murah daripada lensa varifocal, yang akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan panjang fokus secara manual. Lensa varifocal adalah lensa yang memiliki jangkauan, seperti 2.5-6mm atau 5-50mm. Lensa zoom mirip dengan varifocal, namun panjang fokus dapat disesuaikan secara elektronik, sehingga mereka umumnya lebih mahal.

Lensa CCTV zoom

Lensa zoom CCTV sedikit lebih mahal karena mereka lebih baik. Mereka dapat secara otomatis menyesuaikan fokus untuk meningkatkan definisi pada objek tertentu.

Manual Iris vs Auto Iris

Hal ini sangat mirip dengan pilihan antara monofocal dan Varifocal, di salah satu yang tetap dan yang lainnya “bervariasi”, dan dengan demikian, lebih mahal. Iris hubungannya dengan seberapa banyak cahaya diperbolehkan melalui lensa. Sebuah lensa manual iris adalah salah satu yang akan digunakan jika Anda berada di daerah di mana pencahayaan tidak berubah, seperti kantor. Lensa auto iris akan menyesuaikan variasi cahaya. Anda mungkin akan membutuhkan lensa auto-iris untuk pemasangan kamera CCTV di lura ruangan.

Juga penting untuk berbagai kondisi pencahayaan, adalah kamera rating LUX.

Kamera / Format Gambar

Di sini, kita mengacu pada sensor gambar CCD kamera. Anda akan melihat bahwa sebagian besar CCTV memiliki ukuran CCD 2/3 “, 1/2”, 1/3 “, atau 1/4″ untuk sensor gambar CCD mereka. Hal ini akan mempengaruhi bidang pandang Anda. Semakin besar sensor gambar, semakin besar bidang pandang dimiliki kamera. Misalnya sensor CCD ukuran 2/3″ akan melihat lebih lebar dari sensor CCD ukuran 1/3”.

Aperture Rate (F-Stop)

Aperture, diukur dalam jumlah F, adalah kemampuan kamera untuk mengumpulkan cahaya. Semakin rendah nomor F ini adalah, semakin besar aperture lensa, semakin membuka lensa Anda, dan semakin besar kemungkinan cahaya untuk melewati dan menuju sensor gambar CCD. Sebagai contoh, jika Anda melihat lensa memiliki aperture F1.2, maka akan bekerja dengan baik dalam situasi cahaya rendah. Pertimbangkan mata Anda, bagaimana pupil Anda akan membesar atau mengecil tergantung pada seberapa banyak cahaya yang ada. Jika Anda berada di daerah yang sangat gelap, pupil akan melebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya sehingga Anda dapat melihat lebih baik.

C atau CS Mount

Bila memasang lensa untuk kamera keamanan CCTV, Anda akan memiliki C atau CS mount, perbedaan antara keduanya adalah jarak antara sensor gambar dan lensa :

  • C Mount – 17.5mm
  • CS Mount – 12.5mm

Baca Juga :
http://cctvjogja.com/lensa-kamera-cctv-varifocal-dan-fixed/