Serba Serbi DVR CCTV

CCTV bukan lagi barang yang hanya digunakan di instansi atau fasilitas umum. CCTV sudah banyak digunakan untuk menjaga keamanan rmah, terutama jika Anda memiliki banyak barang berharga, sering bepergian atau memiliki beberapa anak kecil yang harus selalu dipantau namun Anda sangat sibuk. CCTV memiliki banyak jenis dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada. Salah satu komponen CCTV yang sangat penting adalah DVR, dengan mengetahui apa itu DVR dan cara penggunaannya Anda dapat merawat dan menggunakan CCTV dengan benar.
DVR (Digital Video Recorder) CCTV merupakan alat perekam video yang dikirim oleh CCTV jenis analog, namun dalam perkembangannya DVR mampu merekam gambar digital dengan kualitas High-Definition (HD). Umumnya DVR menggunakan format MPEG untuk kompresi sinyal video. DVR memiliki berbagai macam fitur yag berbeda tergantung jenis dan kualitasnya, seperti kualitas gambar, resolusi video, format video, koneksi internet, kontrol suara, kemampuan DVR frame persecond, mobile support, databack up, alarm, sms dan email alert, motion detect, play back instan.
Ada dua jenis DVR yang biasa digunakan untuk melengkapi CCTV. DVR CCTV Standalone yang berdiri sendiri dan mampu bekerja tanpa bantuan komputer. DVR standalone mudah disetting, murah, simpel, tidak perlu update. Kekurangan Standalone DVR adalah fitur terbatas, Firmware susah diupdate, jika ada bagian yang rusak harus diganti secara keseluruhan, penyimpanan terbatas. Tipe kedua adalah PC based DVR yang biasanya berbentuk kartu PCI/PCIe yang perlu dipasang ke komputer. Kelebihan dari PC based DVR adalah hardware mudah untuk diupgrade, fitur lebih banyak, lebih flexible dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain, banyak fitur dan customisasi secara luas, mudah menambah kapasitas storage. Sedangkan kekurangannya perlu perawatan extra, perlu install driver dan konfigurasi yang agak rumit ketika install di PC, rentan malware (karena numpang di siste operasi.
DVR CCTV menyediakan banyak fungsi seperti pencarian video berdasarkan event, waktu, tanggal dan kamera. Dalam beberapa sistem keamanan DVR juga dapat diakses dari jarak jauh dengan menghubungkan ke jaringan LAN atau internet. Beberapa video digital recoreder profesional terbaru memiliki firmware yang mampu menganalisis video, untuk mengaktifkan fungsi seperti virtual tripwire atau bahkan mendeteksi objek yang ditinggalkan di lokasi pemantauan. DVR juga mampu menyimpan rekaman video dalam format kompresi kualitas tertinggi H.264 sehingga memungkinkan penyimpanan dalam ruang hardisk yang minimum. Banyak sekali keunggulan dan kemudahan dalam menggunakan CCTV. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk memasang dan merawat CCTV, karena fitur yang disediakan akan memudahkan pengguna. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memasang CCTV di rumah atau kantor.