Cara Memasang CCTV

Tips Mudah Melakukan Pemasangan CCTV di Rumah

Sebelum Anda mempelajari cara memasang sendiri CCTV di rumah, ada baiknya mengetahui apa itu CCTV. Closed Circuit Television atau yang disingkat dengan CCTV adalah sebuah sistem pengawasan yang dilakukan menggunakan kamera video untuk dikrimkan ke tempat tertentu yang bersifat tertutup atau rahasia ( closed circuit ) baik menggunakan sinyal analog atau digital.

CCTV sendiri digunakan sebagai alat pengawas untuk mengawasi kejadian kejadian penting seperti kecelakaan, perampokan, pencurian dan lainnya baik itu di rumah ataupun di ruang publik. Sebelum Anda pasang CCTV, Anda perlu mengetahui komponen apa saja diperlukan agar CCTV yang di pasang bisa digunakan secara maksimal. Berikut penjelasan beberapa komponen yang diperlukan sebelum memasang CCTV.

Bebrapa Komponen yang diperlukan Sebelum Memasang CCTV

  1. DVR (Digital Video Recorder)
    DVR adalah  suatu media alat perekam objek gambar yang ditangkap oleh kamera CCTV. Dengan adanya DVR Anda bisa memantau atau mencari video rekaman berdasarkan waktu, hari, tanggal dan kamera. Untuk merekam dan menyimpan gambar yang ditangkap oleh kamera maka, DVR memerlukan hardisk sebagai media peyimpanannya.
  2. Hardisk
    Hardisk adalah perangkat keras yang memiliki media ruang penyimpanan yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan dan membaca gambar dengan kapasitas tertentu. Dengan sifatnya yang non-volatile memory maka data pada memori tidak akan hilang meskipun perangkat tersebut telah dimatikan.
  3. Kamera CCTV
    Tanpa benda ini Anda tentu tidak akan bisa merekam apa apa. Kamera CCTV memiliki dua jenis yaitu kamera indoor dan kamera outdoor. Kamera CCTV indoor biasanya berbetuk bulat setengah lingkaran, kamera jenis ini juga biasa disebut dengan istilah CCTV dome. Sedangkan kamera outdoor berbentuk lonjong panjang dan biasa di sebut dengan istilah CCTV bullet.
  4. Kabel Coaxial
    Kabel ini berfungsi sebagai penghubung antara kamera CCTV dengan perangkat DVR yang kemudian akan dihubungkan menggunakan Jack DC Power dan BNC. Yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kabel ini yaitu pastikan kalian ingin membuat instalasi atau jalurnya kabelnya seperti apa dan panjang kabelnya.
  5. Power adaptor / power supply
    Kompenen ini juga penting karena kamera CCTV membutuhkan sumber daya listrik untuk menyala sehingga komponen tersebut perlu digunakan. Anda bisa memilih sumber daya yang diperlukan apakah power adaptor atau power supply, itu semua tergantung kebutuhan kalian.
  6. Konektor BNC dan Jack DC Power
    Komponen konektor BNC dipakai untuk menghubungkan kabel video ke kamera CCTV dan ke perangkat DVR. Sedangkan konektor Jack DC power digunakan untuk menguhubungkan kabel power adaptor / power supplay menuju kabel power ke kamera. Anda juga bisa menyiapakan Komponen pendukung lainnya seperti obeng, tang, palu, paku klem cutter dan lainnya.

Setelah mengetahui apa saja komponen yang perlu disiapkan dan juga fungsinya, sekarang lanjut ke tahap pemasangan kamera CCTV sendiri dirumah. Cara pemasangannya sendiri sebenarnya susah susah gampang dan sedikit tricky, berikut beberapa langkah dalam pemasangan dan instalasi kamera CCTV.

Tahap Pemasangan CCTV di Rumah

Pertama, pasanglah kamera CCTV di titik titik pemasangan yang menurut Anda strategis yang memiliki jarak pandang luas dan juga aman jauh dari jangkauan. Sebisa mungkin pasang di tempat yang tidak banyak orang ketahui atau sadari.

Kedua, atur instalasi dan jalur kabel dari kamera CCTV menuju perangkat DVR. Pastikan kabel sudah terhubung dengan Jack BNC dan juga Jack DC power ke kamera dan juga ke perangkat DVR. Untuk pemasangan konetor BNC dan juga Jack DC power.

Ketiga, pasanglah hardisk pada perangkat DVR. Pemasangan hardisk cukup mudah, Anda tinggal buka baut casing pada dudukan hardisk yang ada di perangkat DVR kemudian sambungkan kabel sata yang ada pada DVR ke hardisk. Kemudian pasang kembali hardisk pada dudukan sesuai baut yang ada pada DVR.

Keempat, setelah semua terpasang sambungkan kabel output video dari DVR ke monitor dengan kabel VGA atau HDMI. Jangan lupa pasang power adaptor DVR dan juga kabel mouse serta keyboard pada DVR agar kalian bisa mengatur menu dan fitur yang ada di DVR.

Setelah berhasil memasang CCTV Anda tinggal menyalakan monitor dan dengan sendirinya monitor akan langsung menampilkan gambar sesuai apa yang ditangkap oleh kamera CCTV. Namun, dibeberapa kasus setelah melakukan pemasangan gambar tidak muncul pada layar monitor. Kenapa begitu ? mungkin ada kabel ada konektor yang tidak terpasang dengan benar dan kencang.

Sedikit tips sebelum Anda membeli perangkat kamera CCTV yaitu pastikan kamera CCT yang dibeli sudah support dengan DVR atau kata lainnya kedua komponen ini harus saling support agar monitor tidak blank ketika dinyalakan. Selain itu pastikan kabel Coaxial berfungsi normal dan tidak ada putus dibagian dalam kabel. Semoga artikel diatas dapat membantu kalian yang ingin memasang CCTV dirumah sediri.