Jenis – Jenis Kamera CCTV

Mau Pasang CCTV? Kenali Dulu Beberapa Jenisnya Berikut Ini!

Kamera CCTV saat ini sudah banyak diminati oleh banyak masyarakat sebab dengan adanya CCTV diharapkan dapat mengurangi tingkat kejahatan di sekitar rumah atau tempat lainnya. Walaupun secara umum fungsinya sama, namun kamera CCTV juga mempunyai beberapa jenis yang berbeda yang dapat kalian pasang sesuai kebutuhan dan area mana yang ingin kalian awasi. Berikut beberapa jenis CCTV yang banyak di jual di pasaran.

1.      Kamera Dome

Diberi nama Dome sebab kamera ini berbentuk seperti kubah, tujuannya agar arah dari kamera cctv tidak terlihat atau tersembunyi tapi terlihat oleh kasat mata. Dome Kamera yang banyak dijual dipasaran yaitu tipe fix camera yang dimana kameranya hanya mengarah ke 1 arah. Jenis kamera dome juga ada yang mampu berputar dengan cepat atau biasa disebut dengan Speed Dome.

Kamera Dome CCTVjogja

Harga kamera dome dengan speed yang tinggi tentu lebih mahal dari yang fix kamera. Kamera jenis ini biasanya lebih banyak digunakan didalam ruangan dengan design kamera yang bertujuan agar arah dari kamera tidak terlihat tapi kameranya tetap dapat dilihat dengan mata telanjang.

2.      Kamera PTZ

PTZ merupakan singkatan dari PAN TILT ZOOM. PAN yaitu kemampuan kamera untuk mampu bergerak ke kiri maupun ke kanan, sedangkatn TILT yaitu kemampuan kamera yang mampu bergerak ke atas maupun kebawah, dan ZOOM yaitu kemampuan kamera untuk melakukan zoom atau memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat.

KameraPTZ CCTVJogja

Kamera jenis PTZ ini biasa digunakan di area bandara dan juga parkir outdor atau lapangan yang memiliki wilayah yang luas. Jadi dengan adanya kamera PTZ akan memudahkan pengawas cctv untuk memonitoring area area yang cukup luas. Kamera ini juga mampu berputar secara otomatis dan juga manual yang dikendalikan melalui controler yang telah diatur sedemikian rupa.

3.      Kamera Bullet

Kamera jenis ini dari segi lensa bentuknya tidak jauh berbeda dengan kamera dome. Namun bentuk kameranya saja yang berbeda yaitu berbentuk memanjang. Kamera Bullet ini memiliki kelebihan yaitu materialnya yang tahan panas dan juga air sehingga kamera jenis ini banyak dipasang pada bagian luar ruangan atau outdoor.

KameraBullet

Tidak hanya diluar ruangan, kamera ini juga cocok dipasanga di dalam ruangan atau indoor sebab kamera jenis ini tidak dirancang memiliki fungsi pan / tilt / zoom control yang dimana kamera ini merupakan kamera tipe fix yang bertujuan untuk menangkap gambar dari area yang tetap.

4.      Kamera Board

Kamera jenis ini bisa dibilang kamera CCTV tanpa casing karena kamera biasanya dipasang untuk kepentingan khusus seperti pada drone, robot atau lainnya dan terhubung pada media komputer. Sedangkan jenis kamera ini biasanya memiliki resolusi yang rendah karena kebanyakan kamera ini dugunakan untuk aplikasi teleconference.

5.      Kamera CCTV Spy

kAMERASpyCCTVjogja

Sesuai dengan namanya, kamera jenis ini digunakan untuk dapat berkamuflase dan tidak dapat disadari bahwa alat tersebut adalah kamera. Seperti yang kita lihat difilm film, Spy Cam ini mempunyai banyak jenis dan juga rupa, mulai dari bentuk pulpen, bross, kancing baju, hiasan dinding dan masih banyak lagi.

6.      Kamera CCTV IP / Network

IP cam merupakan jenis kamera CCTV yang memanfaatkan jaringan komputer sebagai penghubung data videonya. Jika dibandingakan dengan kamera CCTV biasa, Ip cam memiliki tingkat resolusi gambar yang lebih tinggi. Namun, untuk mendapatkan kualitas gambar yang tinggi dalam Instalasi kamera jenis ini kalian perlu memperhatikan setiap komponenya supaya hasil yang didapat bisa optimal.

IP Kamera

Seperti pemilihan kabel, kualitas jaringan serta kualitas hardware pendukung lainnya seperti HUB dan juga power supply. Kamera ini mampu menangkap gambar dengan resolusi terbaiknya hingga jarak 100 m dengan syarat kalian perlu memperhatikan komponen diatas. Kalau kalian ingin jarak pandang lebih kalian perlu menggunakan HUB tambahan atau Power yang tentu lebih besar.

7.      Kamera CCTV Wireless

KameraWirelless

Kamera jenis ini banyak diminati karena pemasangannya yang cukup mudah tanpa instalasi kabel yang ribet dan bisa langsung di konfigurasi serta dikonekan ke jaringan Internet melalui Wifi. Setelah konfigurasi dan lainnya selesai, video dapat langsung kalian akses baik lewat monitor ataupun smartphone kalian. Untuk harga sendiri kamera CCTV wireless ini sedikit lebih mahal dibandingkan jenis kamera CCTV biasa yang memakai kabel.

8.      Kamera CCTV IR (Infrared)

Kamera CCTV yang sudah dilengkapi dengan Infrared juga dikenal dengan sebutan kamera night vision. Sebab kamera ini mampu melihat dengan baik dalam kondisi gelap atau minim cahaya dengan bantuan dari lampu infrarednya. Biasanya kamera ini memiliki dua jenis Infrared yan di gunakan pada kamera CCTVnya, yaitu IR LED biasa atau yang bentuknya kecil-kecil atau IR LED ARRAY yang bentuknya besar.

CCTVInfaMerah

Kamera ini memiliki sensor dimana saat kamera mendekteksi cahaya dengan kapasitas minim atau bahkan tidak ada sama sekali, maka dengan otomatis kamera ini akan langsung menyalakan Infrarednya dan memunculkan gambar dengan warna hitam putih. Itu tadi sedikit penjelasan mengenai jenis CCTV yang dapat kalian jadikan referensi sebelum memasang CCTV dirumah atau tempat lainnya.

Ternyata cukup banyak jenis-jenis CCTV yang bisa dijadikan pilihan. Silahkan pilih jenis CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda semua.