Kelebihan dan kekurangan Power Supply CCTV

Kelebihan dan kekurangan Power Supply CCTV

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas kelebihan dan kekurangan dari salah satu power supply CCTV yaitu Adaptor. Nah pada kesempatan kali ini masih seputar power supply CCTV, lebih tepatnya kelebihan dan kekurangan PSU tersentralisasi (Jaring).

PSU tersentralisasi atau jaring mendapatkan namanya karena PSU ini seperti server yang semua perangkat kamera CCTV akan menuju ke PSU ini untuk mendapatkan power (listrik), sementara sebutan jaring karena bentuk casingnya yang berlubang – lubang mirip jaring.

PSU jenis ini juga punya banyak variasi terutama untuk tengangan Ampere ada yang 12 volt 5A, 12 volt 10A, 12 volt 20A, 12 volt 30A, dan lain -lain. Sementara untuk model atau bentuk biasanya jika Ampere PSU tinggi akan dilengkapi dengan fan atau kipas pendingin, selain itu dalam instalasi CCTV PSU ini juga ada yang menjadi satu dengan box supaya lebih terlihat rapi.

Sama seperti power supply adaptor, PSU tersentralisasi (jaring) memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut kelebihan dan kekurangannya.

 

Kelebihan :

  1. Mempermudah dalam perbaikan jika terjadi power loss (kehilangan power) disalah satu kamera CCTV dikarenakan kabel power menuju PSU.
  2. Mempermudah merapikan kabel dan jalurnya.
  3. Jika instalasi untuk banyak kamera CCTV lebih murah dibanding penggunaan adaptor.
  4. Keamanan dan tengangan lebih stabil.
  5. Jika menggunakan box PSU tersentralisasi lebih rapi dan tidak menggannggu unsur estetika dinding.
  6. Box PSU tersentral atau jaringan memiliki sekring dan lampu indikator sehingga mempermudah mencari kerusakan.

 

Kekurangan :

  1. Bagi orang awam instalasi PSU tersentralisasi atau jaring agak sulit dan beresiko.
  2. Untuk instalasi CCTV dengan jumlah kamera yang sedikit harga PSU jenis ini lebih mahal daripada menggunakan Adaptor.
  3. Memakai lebih banyak kabel untuk menyalurkan power  ke setiap kamera.
  4. Jika PSU rusak semua kamera beresiko untuk mati karena tidak mendapat supply power.

 

Itulah penjelasan dari kami untuk kelebihan dan kekurangan PSU tersentralisasi (jaring), PSU jenis ini termasuk yang banyak dipakai oleh teknisi profesional CCTV dikarenakan kelebihan diatas terutama untuk kerapian, keamanan, serta kemudahan saat perbaikan.

 

Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Nantikan artikel kami selanjunya di website cctvjogja.com.

 

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi atau instalasi/pemasangan CCTV kami siap membantu. Hubungi 085601380900/081232232329 atau melalui website cctvjogja.com