Pengertian dan Fungsi Konektor BNC

Pengertian dan Fungsi Konektor BNC

Dalam instalasi CCTV supaya kabel coaxial atau utp bisa terhubung ke perangkat CCTV dibutuhkan tambahan berupa konektor. Konektor yang digunakan dalam sistem CCTV umumnya ada dua yaitu RJ45 untuk kabel UTP dalam instalasi kamera IP dan BNC untuk kabel coaxial dalam instalasi kamera analog. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan pengertian dan fungsi konektor BNC yang digunakan pada instalasi CCTV analog.

 

Pengertian Konektor BNC

Pasti kalian semua tidak asing dengan kata konektor, konektor merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya atau menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lain. Jenis konektor yang ada sekarang sangat banyak salah satunya yaitu konektor BNC.

Konektor BNC atau Bayonet Neill-Concelman) merupakan konektor jenis umum RF yang digunakan untuk kabel coaxial. Konektor BNC biasa digunakan untuk televisi, radio, komputer pada topologi tertentu serta sistem CCTV sehingga konektor ini sering disebut konektor audio video.

 

Fungsi Konektor BNC

Seperti yang dijelaskan diatas fungsi utama konektor BNC adalah :

  1. Menghubungkan suatu kabel ke kabel yang lain.
  2. Berguna untuk menghubungkan suatu kabel dengan perangkat jaringan lain.
  3. Berguna untuk menghubungkan kabel ke T Konektor.
  4. Berguna untuk koneksi sinyal seperti analog dan digital interface serial sinyal video. Amatir radio antena, penerbangan elektronik (avionik) serta peralatan uji.

Itulah artikel dari kami tentang pengertian dan fungsi konektor BNC, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Nantikan artikel kami selanjutnya di website cctvjogja.com

 

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi atau instalasi/pemasangan CCTV kami siap membantu. Hubungi 085601380900/081232232329 atau melalui website cctvjogja.com