Tips Merawat DVR Agar Tetap Merekam

Tips Merawat DVR Agar Tetap Merekam

Di artikel kami sebelumnya pernah menyinggung sedikit mengenai DVR atau Digital Video Recorder. Tentu kalian pasti mengetahui jika perangkat tersebut sangatlah penting dalam sistem CCTV. Jika tidak ada DVR maka hasil rekaman kamera CCTV tidak dapat disimpan maka dari itu melihat pentingnya DVR di CCTV sebaiknya kalian bisa menjaga dan merawat DVR tersebut sehingga tidak mengalami kerusakan atau ada problem.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tips merawat DVR sehingga tidak mudah rusak atau terkena problem supaya hasil rekaman CCTV tetap tersimpan dan DVR berjalan dengan baik.

 

Tips Merawat DVR

Langsung saja akan kami bagikan beberapa tips dalam menjaga atau merawat DVR CCTV.

  1. Tempatkan DVR dengan benar, yang dimaksud disini kalian sebaiknya menempatkan DVR di tempat yang luas dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Hal ini supaya mencegah terjadinya overheat pada DVR yang akan mempengaruhi umur perangkat.

 

  1. Menggunakan perangkat tambahan pada DVR, perangkat tambahan yang dimaksud disini antara lain UPS dan Stabilizer. Dengan UPS jika terjadi mati listrik secara mendadak maka DVR tidak akan langsung mati mendadak, sementara untuk stabilizer sangat diperlukan bagi orang – orang yang memiliki listrik tidak stabil, dengna stabilizer listrik yang tidak stabil itu akan distabilkan sehingga berpotensi mengurangi kerusakan perangkat elektronik yang tersambung dengan stabilizer.

 

  1. Membersihkan dan memeriksa bagian dalam DVR, bagian dalam DVR berpotensi memiliki banyak debu di dalamnya sehingga diperlukan pembersihan rutin bisa beberapa bulan sekali. Tentu saja setelah membersihkan debu pada DVR kalian masih harus memeriksa bagian dalam DVRnya untuk mencari apa ada tanda kerusakan terutama pada komponen board.

 

  1. Memeriksa konektor yang terhubung ke DVR, hal ini berguna untuk melihat kondisi konektor yang tersambung serta mencegah terjadinya problem atau masalah pada CCTV.

 

  1. Mengecek power adaptor DVR, pengecekan ini meliputi hasil tegangan output yang dihasilkan oleh adaptor masih normal atau bekerja dengan baik. Jika ternyata hasil output tidak seusai bisa berakibat kepada umur perangkat yang tersambung.

 

  1. Mengoptimalkan konfigurasi rekaman CCTV, dengan mengoptimalkan konfigurasi rekaman CCTV diharapkan hasil rekaman CCTV dapat dimaksimalkan baik secara kualitas gambar maupun kelancaran rekaman video.

 

  1. Memeriksa pengaturan keamanan DVR CCTV, alangkah baiknya menggunakan password yang sulit ditebak sehingga mengurangi akses untuk masuk ke DVR.

 

  1. Memeriksa jangka waktu hasil rekaman CCTV, pada umumnya pada DVR terdapat fitur overwrite. Dengan fitur ini membuat space pada media penyimpanan (Hardisk), caranya dengan menghapus hasil rekaman lama dan mengganti dengan hasil rekaman baru. Oleh karena itu kalian harus memeriksa janga waktu hasil rekaman yang tersimpan sehingga saat ada hasil rekaman penting bisa dilakukan backup.

 

  1. Melakukan update firmware pada DVR, sama seperti perangkat elektronik lainnya terutama gadget atau PC, DVR juga perlu melakukan update firmware. Dengan melakukan update diharapkan kinerja DVR dan sistem keamanan akan lebih baik serta tidak ada BUG.

 

Itulah beberapa tips merawat DVR CCTV dari kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman semua. Nantikan artikel kami selanjutnya di website cctvjogja.com.

 

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi atau instalasi/pemasangan CCTV kami siap membantu. Hubungi 085601380900/081232232329 atau melalui website cctvjogja.com